Minggu, 18 September 2011

Kanjeng Gusti Lesmono

Kanjeng Gusti Lesmono adalah murid Ki Selo Ik Kromo dari sebuah kerajaan, beliau meminta bimbingan Ki Selo Ik Kromo. Kanjeng Gusti Lesmono diberi nama oleh Ki Selo Ik Kromo dengan panggilan “Sabdo Yoga Jogowiryo“, yang memiliki arti “seseorang yang akan diberi amanat untuk menjaga wilayah“.
Saat Beliau menjabat sebagai raja beliau sangatlah terkenal oleh perkataan dan ketegasan tentang disiplin hidup. Beliau selalu ingat pesan sang guru untuk menjaga omongannya. Pernah suatu ketika beliau dalam hati merasa tidak suka oleh ulah seorang pengemis dan ketika beliau teringat perkataan sang guru, beliau langsung minta maaf sungkem kepada pengemis tersebut.
Kanjeng Gusti Lesmono wafat saat berusia 123 tahun, beliau wafat dengan meninggalkan 2 istri dan 3 anak. Saat beliau meninggal kedudukan kerajaan waktu itu sudah diambang kehancuran karena perebutan kekuasaan ketiga anaknya. Beliau pernah berpesan jika beliau sudah pergi nanti yang jadi raja adalah anak yang memiliki ciri berkulit hitam legam, tapi ternyata ketiga anaknya tersebut memang memiliki kulit hitam.

0 komentar:

Posting Komentar

Statistik

Translate

Blog Archive